Harga XAU/USD Saat Ini: $2.340,30

  • Kata-kata pejabat Federal Reserve meredam harapan untuk penurunan suku bunga di bulan September.
  • Imbal hasil obligasi melonjak ke level tertinggi baru satu bulan, menopang permintaan Dolar AS.
  • XAU/USD mendapatkan traksi¬†ke bawah dan mendekati level support yang relevan di $2.325,30.

Emas spot berada di bawah tekanan jual pada pertengahan sesi Amerika, menekan level terendah dalam perdagangan harian di $2.334,34 per troy ons. Dolar AS mengumpulkan kekuatan jangka pendek di awal hari, melepaskan kenaikan selama jam perdagangan Eropa. Namun, setelah pembukaan Wall Street, USD melanjutkan kenaikannya dengan momentum yang lebih berkelanjutan dan diperdagangkan naik tajam di seluruh bursa valas.

Pasar berada dalam sentimen yang suram di tengah komentar-komentar dari para pejabat Federal Reserve (The Fed), yang semakin meredam harapan untuk penurunan suku bunga tahun ini di tengah tingkat inflasi yang sangat tinggi. Di antaranya, Presiden Bank of Minneapolis Neel Kashkari mengatakan bahwa sikap kebijakan moneter bersifat restriktif, dan menambahkan bahwa para pembuat kebijakan belum sepenuhnya mengesampingkan kenaikan suku bunga tambahan, ketika ia berbicara di sebuah acara di London. “Saya rasa belum ada yang benar-benar menghapus kenaikan suku bunga dari meja diskusi,” ujar Kashkari. Akibatnya, kemungkinan tidak ada perubahan suku bunga di bulan September telah meningkat menjadi sekitar 53%, menurut CME FedWatch Tool.

Di saat yang sama, berkurangnya permintaan untuk obligasi pemerintah Amerika Serikat (AS) mendorong imbal hasil yang lebih tinggi, menambah kekuatan jangka pendek USD. Obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun menawarkan 4,61%, sementara obligasi bertenor 2 tahun memberikan imbal hasil 4,98%, tertinggi dalam sebulan dan mendekati level acuan 5,0%.

Data telah langka, dengan para investor menunggu angka Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) AS yang akan dirilis pada hari Jumat. Pengukur inflasi favorit The Fed ini diprakirakan akan menunjukkan tekanan harga tetap di atas target bank sentral pada bulan April, menyusul kenaikan dalam tiga bulan sebelumnya.

Prospek Teknis XAU/USD Jangka Pendek

XAU/USD

Sentimen pasar yang suram mencegah XAU/USD jatuh lebih jauh meskipun ada permintaan USD yang baru. Pembacaan teknis pada grafik harian menunjukkan bahwa pasangan aset ini dapat melanjutkan penurunannya. Pasangan aset ini jatuh di bawah Simple Moving Average (SMA) 20 tanpa arah sementara indikator teknis mendapatkan traksi ke bawah dan menembus garis tengahnya, yang tidak cukup untuk mengonfirmasi kelanjutan penurunan. Akhirnya, SMA 100 dan 200 terus mengarah ke utara, meskipun jauh di bawah level saat ini.

Pasangan aset ini berubah menjadi bearish dalam waktu dekat, dan menurut grafik 4 jam, meskipun penurunan lanjutan tampaknya tidak mungkin terjadi. XAU/USD diperdagangkan di bawah semua MA-nya, dengan SMA 20 yang datar memberikan resistance jangka pendek di sekitar 2.347,10. Pada saat yang sama, indikator teknis menjadi datar setelah melewati garis tengahnya ke wilayah negatif, membatasi ruang lingkup penurunan. Pasangan aset ini menetapkan level terendah yang relevan minggu lalu di $2.325,30, level yang harus ditembus untuk mengkonfirmasi penurunan lebih lanjut.

Level-level support: 2.334,35 2.325,30 2.307,10

Level-level resistance: 2.347,10 2.364,00 2.372,90