Harga XAU/USD Saat Ini: $2.326,11

  • IMP Amerika Serikat yang mengecewakan menekan Dolar AS setelah pembukaan Wall Street.
  • Para pelaku pasar menantikan Produk Domestik Bruto AS dan pembaruan¬†inflasi.
  • XAU/USD mempertahankan nada bearish dalam waktu dekat, support jangka pendek di $2.310.
XAU/USD

Emas spot diperdagangkan datar untuk hari ini di sekitar $2.326, pulih dari level terendah dalam perdagangan harian di $2.291,26. XAU/USD turun karena sentimen pasar yang lebih baik, menjaga Dolar AS tetap kuat terhadap sebagian besar mata uang utama. Skenario USD sebagian berubah setelah rilis data AS yang mengecewakan, karena estimasi awal IMP S&P Global bulan April meleset dari ekspektasi pasar. IMP Manufaktur menyusut menjadi 49,9 dari 51,9 di bulan Maret, sementara IMP Jasa turun menjadi 50,9 dari 51,7. IMPP Komposit kemudian menghasilkan 50,9, turun dari 52,1 di bulan sebelumnya.

Wall Street mengabaikan angka-angka suram tersebut dan mempertahankan nada positif, namun para pelaku pasar memutuskan untuk menjual USD. Data terkait pertumbuhan yang lemah dapat memaksa Federal Reserve (The Fed) untuk memangkas suku bunga lebih cepat daripada yang diharapkan, entah bagaimana mendukung nada yang lebih baik dari ekuitas.

Data penting Amerika Serikat (AS) akan dirilis akhir minggu ini. Negara ini akan mengumumkan estimasi pertama Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal pertama pada hari Kamis mendatang, dan diprakirakan akan menunjukkan bahwa ekonomi tumbuh pada laju tahunan sebesar 2,5% dalam tiga bulan hingga Maret. Selain itu, AS akan mempublikasikan Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) bulan Maret pada hari Jumat, yang merupakan pengukur inflasi favorit Federal Reserve (The Fed). Laporan ini akan kehilangan beberapa relevansinya setelah rilis data PDB, yang mencakup estimasi Indeks Harga PCE kuartalan, tetapi masih dapat mengantisipasi arah kebijakan The Fed.

Prospek Teknis XAU/USD Jangka Pendek

Dari sudut pandang teknis, XAU/USD tampaknya siap untuk melanjutkan penurunannya. Saat ini, harga sedang berjuang dengan Fibonacci retracement 23,6% dari rally $1.996,06/$2.431,43, dan tidak dapat pulih di atas level tersebut dengan jelas. Selain itu, grafik harian menunjukkan indikator teknis mempertahankan kemiringan turun yang tidak merata di dekat garis tengahnya, masih mundur dari pembacaan overbought yang ekstrem. Pada saat yang sama, XAU/USD tetap berada di atas MA bullish, dengan SMA 20 memberikan support jangka pendek di sekitar $2.310.

Dalam waktu dekat, dan menurut grafik 4 jam, risiko condong ke sisi bawah. SMA 100 yang sedikit bullish membatasi kenaikan dalam perdagangan harian, sementara SMA 20 mendapatkan traksi ke bawah di atas SMA yang lebih panjang. Di saat yang sama, indikator teknis terkoreksi dari pembacaan oversold sebelum melanjutkan penurunan dalam level negatif.

level-level support: 2.310,00 2.295,20 2.282,90

Level-level resistance: 2.348,30 2.361,55 2.372,90