Harga XAU/USD Saat Ini: $2.354,55

  • Data Amerika Serikat dirilis beragam, namun tanda-tanda tekanan harga yang terus-menerus menjadi pusat perhatian.
  • Bank of Canada memangkas suku bunga sebesar 25 bp, fokus beralih ke keputusan ECB pada hari Kamis.
  • XAU/USD memulihkan level $2.350 namun tampaknya tidak dapat melanjutkan¬†kenaikan melampaui kisaran terbarunya.

XAU/USD diperdagangkan di ujung atas kisaran mingguannya, tepat di atas level $2.350, setelah rilis data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang beragam. Di satu sisi, negara ini melaporkan bahwa sektor swasta menambahkan 152 ribu posisi baru, menurut survei ADP bulan Mei. Angka tersebut meleset dari ekspektasi, sebuah tanda yang kurang baik dari pasar tenaga kerja yang lemah. Selain itu, IMP Jasa ISM meningkat lebih dari yang diharapkan di bulan Mei, naik ke 53,8 dari 49,4 di bulan April.

Namun, laporan yang sama menunjukkan sedikit penurunan pada subkomponen Harga yang Dibayar, yang dikonfirmasi di 58,1, sebuah tanda berlanjutnya tekanan harga. Akhirnya, Indeks Ketenagakerjaan pulih dari 45,9 menjadi 47,1, mengindikasikan penguatan pasar tenaga kerja. Dolar AS menguat terhadap mata uang-mata uang berimbal hasil tinggi, namun melemah terhadap logam mulia dengan adanya berita tersebut. Kabar baiknya, Wall Street mempertahankan suasana positif, dengan tiga indeks utama membukukan kenaikan setelah suasana tenang. Reaksi pasar terhadap berita terbaru mengindikasikan bahwa para investor tidak yakin mengenai apa yang akan diputuskan oleh Federal Reserve (The Fed) mengenai kebijakan moneter pada pertemuan bulan Juni mendatang.

Sementara itu, Bank of Canada (BoC) memangkas suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bp) seperti yang telah diprakirakan. Para pembuat kebijakan mengantisipasi setiap keputusan tambahan akan dibuat dari pertemuan demi pertemuan. Gubernur Tiff Macklem kemudian menambahkan bahwa ekonomi menghadapi soft landing dan bahwa kebijakan moneter yang ketat masih diperlukan.

Fokus saat ini bergeser ke Bank Sentral Eropa (ECB), yang diprakirakan akan mengumumkan pemotongan 25 bp pada masing-masing dari tiga suku bunga utama. Pasar keuangan telah mengantisipasi pergerakan ini secara luas, yang telah lama diperhitungkan, tetapi masih ada ruang untuk reaksi pasar yang kuat.

Prospek Teknis XAU/USD Jangka Pendek

XAU/USD

Dari sudut pandang teknis, XAU/USD memiliki potensi kenaikan terbatas, menurut grafik harian. Pasangan aset ini terus bertemu dengan para penjual di sekitar Simple Moving Average (SMA) 20 yang datar, yang bertindak sebagai resistance dinamis di sekitar $2.360,80. Moving average yang lebih panjang terus mengarah ke utara jauh di bawah level saat ini, menyangkal kasus bearish jangka panjang. Akhirnya, indikator teknis berbalik lebih tinggi namun berkembang di level netral, tidak cukup untuk mengkonfirmasi perpanjangan bullish.

Berdasarkan grafik 4 jam, XAU/USD mempertahankan posisi netral dalam waktu dekat. Indikator teknis menawarkan kemiringan netral ke bearish dalam level positif, menunjukkan bahwa pembeli tidak tertarik pada level saat ini. Di saat yang sama, pasangan aset ini terjebak dalam moving average tanpa arah, dengan SMA 100 di $2.364,10 yang memperkuat area resistance.

Level-level support: 2.344,70 2.331,90 2.314,60

Level-level resistance: 2.364,10 2.381,80 2.394,25