Harga XAU/USD Saat Ini: $2.325,17

  • Lowongan Pekerjaan Amerika Serikat menyusut lebih¬†dari yang diantisipasi pada bulan April.
  • Imbal hasil obligasi turun tipis sementara indeks AS juga melemah.
  • XAU/USD dapat mempercepat penurunannya di bawah $2.314,63, level terendah mingguan.

Permintaan untuk Dolar AS kembali pada hari Selasa, dengan arus risk-off menjauh dari Emas. XAU/USD diperdagangkan di sekitar $2.325, turun untuk hari tersebut. Data terkait pertumbuhan Amerika Serikat (AS) yang lemah melemahkan permintaan terhadap mata uang Amerika pada hari Senin, mendorong pasangan aset ini menuju level tertinggi mingguan di $2.354,60, tetapi minat spekulatif menyerah karena sentimen memburuk lebih lanjut pada awal perdagangan di Asia, yang berlanjut setelah pembukaan Wall Street.

AS menerbitkan angka ketenagakerjaan pertama dari beberapa angka ketenagakerjaan sebelum laporan Nonfarm Payrolls (NFP) bulanan yang dijadwalkan pada hari Jumat. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS), Survei Lowongan Pekerjaan dan Perputaran Tenaga Kerja (Job Openings and Labor Turnover Survey/JOLTS) menunjukkan jumlah lowongan kerja pada hari kerja terakhir di bulan April berada di angka 8,059 juta, turun dari revisi sebelumnya di angka 8,35 juta dan meleset dari ekspektasi di angka 8,34 juta. Greenback awalnya jatuh karena berita tersebut tetapi dengan cepat berubah arah karena AS juga menerbitkan angka Pesanan Pabrik yang optimis, naik 0,7% di bulan April terhadap 0,6% yang diantisipasi oleh para pelaku pasar.

Obligasi pemerintah melonjak, membuat imbal hasil obligasi turun lebih rendah dari puncaknya baru-baru ini, meskipun pasar saham tidak dapat mengangkatnya. Tiga indeks utama AS diperdagangkan di zona merah, meskipun kerugiannya tidak terlalu besar.

Prospek Teknis XAU/USD Jangka Pendek

XAU/USD

Dari sudut pandang teknis, XAU/USD siap untuk melanjutkan penurunannya. Grafik harian menunjukkan bahwa harga turun dari dekat Simple Moving Average (SMA) 20 yang sedikit bullish selama empat hari berturut-turut. Selain itu, indikator teknis melanjutkan penurunannya di wilayah negatif, mempertahankan lereng ke bawah dengan kuat. Terakhir, perlu disebutkan bahwa SMA 100 dan 200 mempertahankan kemiringan bullish jauh di bawah level saat ini, sehingga membatasi potensi bearish dalam jangka panjang.

Dalam waktu dekat, dan menurut grafik 4 jam, kasus bearish semakin jelas. XAU/USD telah jatuh di bawah semua moving average, yang tetap tidak memiliki arah. Lebih jauh lagi, kemunduran tertahan oleh SMA 20, yang saat ini berada di sekitar 2.339,10. Pada saat yang sama, indikator teknis bergerak turun jauh di bawah garis tengahnya, sejalan dengan penurunan selanjutnya ke arah selatan jika pasangan aset ini menembus di bawah level terendah mingguan di 2.314,63

Level-level support: 2.314,60 2.305,30 2.289,70

Level-level resistance: 2.339,10 2.355,50 2.364,00