Harga XAU/USD Saat Ini: $2.354,27

  • Emas memulihkan sebagian dari penurunannya minggu lalu di tengah minat Dolar AS yang masih kuat.
  • Fokus minggu ini adalah pada Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi AS.
  • XAU/USD kesulitan untuk melanjutkan¬†kenaikan dalam waktu dekat, masih di bawah kendali para pembeli.

Harga Emas naik pada hari Senin, dengan XAU/USD diperdagangkan di sekitar $2.355 setelah penutupan pasar Eropa. Logam mulia ini melanjutkan pemulihannya pada hari Jumat ketika turun ke $2.325,30, terendahnya dalam dua minggu. Pemulihan yang lemah ini merupakan hasil dari pelemahan Dolar AS yang terus-menerus, karena para investor tetap memprakirakan tidak ada penurunan suku bunga dari The Federal Reserve (The Fed) dalam dua pertemuan mendatang. Pemulihan terhenti di tengah liburan Memorial Day di Amerika Serikat (AS), membuat pasar lokal tutup.

AS memiliki kalender makroekonomi yang ringan dalam beberapa hari mendatang, mengalihkan fokus ke hari Jumat ketika negara ini akan mempublikasikan Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) bulan April, pengukur inflasi favorit The Fed. Inflasi PCE diprakirakan akan stabil pada 2,7% YoY, sementara inflasi inti tahunan diprakirakan akan mencapai 2,8%, sama dengan angka di bulan Maret. Terakhir, Indeks Harga PCE diprakirakan naik 0,3% MoM. Secara umum, angka di bawah prakiraan akan meningkatkan peluang kenaikan suku bunga dalam waktu dekat, sementara skenario sebaliknya akan dipahami sebagai penundaan pengetatan moneter setelah September.

Prospek Teknis XAU/USD Jangka Pendek

XAU/USD

Dari sudut pandang teknis, pasangan XAU/USD tampaknya siap untuk melanjutkan kenaikannya. Grafik harian menunjukkan bahwa kemerosotan minggu lalu sudah cukup bagi pasangan aset ini untuk mengoreksi kondisi jenuh beli, dan indikator teknis saat ini memantul dari garis tengahnya. Pada saat yang sama, pasangan aset ini pulih di atas Simple Moving Average (SMA) 20 tanpa arah sementara moving average yang lebih panjang mempercepat kenaikannya jauh di bawah SMA yang lebih pendek, yang semuanya mencerminkan minat beli yang terus-menerus.

Namun, dalam waktu dekat, menurut grafik 4 jam, pemulihan terhenti di sekitar kemacetan moving average, dengan SMA 20 menuju ke selatan dengan kuat dan melayang di sekitar SMA yang lebih panjang tanpa arah. Akhirnya, indikator teknis naik, meskipun dalam level negatif, gagal mendukung kenaikan lanjutan.

Level-level support: 2.340,20 2.325,30 2.307,10

Level-level resistance: 2.358,40 2.372,90 2.384,15