Harga XAU/USD Saat Ini: $2,292,40

  • Para pembicara Federal Reserve terus meredam harapan untuk beberapa penurunan suku bunga tahun ini.
  • Para investor saat ini sedang menunggu laporan Nonfarm Payrolls Amerika Serikat bulan Maret.
  • XAU/USD dapat melanjutkan penurunan jangka pendeknya, namun para pembeli¬†masih memegang kendali.
XAU/USD

Emas spot terus rally pada hari Selasa, mencapai puncaknya pada awal hari di $2.304,81 per troy ons, rekor tertinggi baru. Logam mulia ini diuntungkan oleh pelemahan Dolar AS secara luas karena para pejabat Federal Reserve (The Fed) tidak sejalan dengan Ketua Jerome Powell dan berupaya meredam harapan untuk penurunan suku bunga dalam waktu dekat. Meskipun bank sentral telah mempertahankan tiga potensi penurunan dalam dot plot, para pelaku pasar sekarang berharap untuk dua penurunan dalam skenario terbaik.

Ketua The Fed Powell menegaskan bahwa para pembuat kebijakan tidak terburu-buru untuk menurunkan suku bunga, terutama mengingat kekuatan ekonomi, inflasi yang masih di atas target, dan pasar tenaga kerja yang ketat. Sementara itu, Amerika Serikat (AS) akan merilis laporan Nonfarm Payrolls bulan Maret pada hari Jumat. Negara ini diprakirakan akan menambah 200 ribu posisi pekerjaan baru di bulan tersebut, sementara Tingkat Pengangguran diprakirakan tidak berubah di 3,9%. Hasil yang lebih baik dari yang diantisipasi akan membantu USD pulih menjelang penutupan mingguan, meskipun angka yang lebih lemah dari prakiraan dapat mendorong XAU/USD melampaui rekor tertinggi yang disebutkan sebelumnya.

Prospek Teknis XAU/USD Jangka Pendek

Grafik harian untuk XAU/USD menunjukkan bahwa pasangan aset ini akhirnya menyerah setelah rally selama tujuh hari berturut-turut. Kasus koreksi bearish menguat karena indikator teknis mulai mundur dari level overbought yang ekstrim. Puncak sementara belum dapat dikonfirmasi. Pasangan aset ini masih berkembang di atas rata-rata pergerakan bullish dan berkonsolidasi di dekat level tertinggi baru-baru ini. XAU/USD mungkin akan melanjutkan kenaikannya setelah menyerah.

Grafik 4 jam juga mendukung kasus koreksi bearish yang akan datang. Pasangan aset ini mengalami penurunan, yang menyebabkan indikator teknis meninggalkan wilayah overbought. Indikator Momentum mengarah ke selatan dengan kuat, mendekati garis 100 dari atas, meskipun indikator Relative Strength Index (RSI) berubah menjadi datar di 65, yang terakhir menunjukkan minat jual yang terbatas. Lebih lanjut, XAU/USD terus berkembang di atas semua moving average-nya, dengan Simple Moving Average (SMA) 20 kehilangan kekuatan bullish-nya namun masih mengarah ke utara jauh di atas SMA yang lebih panjang.

Level-level support: 2.277,60 2.261,30 2.250,70

Level-level resistance: 2.295,10 2.310,00 2.325,00