• Harga Emas diperdagangkan lesu di dekat $2.160 pada¬†Rabu pagi, menantikan keputusan penting The Fed.
  • Dolar AS menghentikan tren kenaikannya di tengah kehati-hatian sebelum FOMC dan sedikit penurunan dalam imbal hasil obligasi AS.
  • Harga Emas menunggu konfirmasi Bull Flag pada grafik harian, karena RSI tetap bullish.

Harga Emas meniru pergerakan yang terlihat pada perdagangan Asia hari Selasa di Rabu pagi, karena para pembeli menahan diri setelah rebound sebelumnya. Dolar AS (USD) mengkonsolidasikan tren naik yang sedang berlangsung bahkan ketika imbal hasil obligasi Treasury AS mengalami sedikit penurunan dari level tertinggi multi-hari.

Semua Perhatian Tetap Tertuju pada Keputusan The Fed dan Konferensi Pers Jerome Powell

Ini adalah ketenangan sebelum badai keputusan suku bunga Federal Reserve (The Fed) AS, karena para pedagang Emas beralih absen, menahan diri untuk tidak menempatkan taruhan baru pada logam mulia. Pasar mulai berhati-hati, karena ketegangan meningkat menjelang pertemuan The Fed, dengan pasar menantikan petunjuk baru mengenai waktu dan ruang lingkup pemotongan suku bunga pertama The Fed tahun ini.

Pasar saat ini memprakirakan hanya sekitar 60% penurunan suku bunga The Fed di bulan Juni. Meskipun grafik Dot Plot The Fed bulan Desember memproyeksikan tiga kali penurunan suku bunga, masih harus dilihat bagaimana pandangan bank sentral mengenai penurunan suku bunga. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah komentar Ketua The Fed Jerome Powell pada konferensi pers pasca rapat kebijakan yang akan memberikan dampak baru pada nilai Dolar AS dan harga Emas tanpa bunga.

Pada hari Selasa, harga Emas menghentikan rebound awal dan turun serendah $2.148 sebelum memulihkan penurunan dan menetap di dekat $2.158. Penurunan harga Emas disponsori oleh minat beli Dolar AS yang baru.

Pasangan USD/JPY rally dengan kuat, menyusul ekspektasi kenaikan suku bunga oleh Bank of Japan (BoJ), mendorong Dolar AS lebih tinggi sekaligus membebani Dolar AS. Namun, beberapa pelemahan kecil dalam imbal hasil obligasi Treasury AS dan rally risk-on di indeks Wall Street membatasi kenaikan Dolar AS, sehingga memungkinkan harga Emas untuk kembali pulih dengan baik.

Analisis Teknis Harga Emas: Grafik Harian

XAU/USD

Prospek teknis jangka pendek untuk harga Emas kurang lebih masih sama, dengan konfirmasi Bull Flag yang ditunggu pada penutupan candlestick harian di atas resistance garis tren turun di $2.165.

Penerimaan di atas level tersebut akan memicu kenaikan baru menuju level $2.190, di atas level tersebut rekor tertinggi di $2.195 akan diuji ulang. Target bullish berikutnya yang relevan terlihat pada level acuan $2.200 dan level psikologis $2.250.

Relative Strength Index (RSI) 14-hari berada tepat di bawah wilayah overbought, di dekat 68,00, menunjukkan bahwa kenaikan harga Emas baru mungkin akan segera terjadi.

Jika para penjual Emas melawan balik kendali, support terdekat terlihat di level terendah hari Senin di $2.146, di bawahnya support garis tren turun di $2.132 akan membantu para pembeli.

Pergerakan berkelanjutan di bawah level tersebut akan menguji level terendah 6 Maret di $2.125. Lebih jauh ke bawah, level bulat utama di $2.110 akan menantang komitmen bullish.