• Harga Emas berkisar di dekat $2.160 pada¬†Selasa pagi, menunggu keputusan bank-bank sentral utama.
  • Dolar AS berdiri tegak di tengah kehati-hatian sebelum putusan BoJ dan RBA, meskipun imbal hasil obligasi AS melemah.
  • Harga Emas mendekati Bull Flag pada grafik harian, karena RSI kembali berubah bullish.

Harga Emas mempertahankan rebound sebelumnya di perdagangan Asia pada hari Selasa, karena para pembeli mengambil jeda menjelang keputusan kebijakan bank-bank sentral utama yang akan datang. Dolar AS (USD) menguat di tengah kondisi pasar yang menghindari risiko, mengabaikan beberapa pelemahan pada imbal hasil obligasi pemerintah AS.

Harga Emas Menantikan BoJ dan RBA Menjelang Putusan The Fed

Harga Emas terlihat akan memperpanjang kenaikan awal pekan ini, namun permintaan Dolar AS yang baru tampaknya menahan kenaikan. Para investor berbondong-bondong mencari aset yang aman dalam Dolar AS menjelang pengumuman kebijakan Bank of Japan (BoJ) dan Reserve Bank of Australia (RBA).

Keputusan suku bunga BoJ kemungkinan besar akan meningkatkan volatilitas pasar, karena bank sentral secara luas diprakirakan akan menghapus kebijakan suku bunga negatif (NIRP) untuk pertama kalinya sejak 2016. Selain itu, prospek kebijakan bank sentral akan menjadi kunci untuk arah selanjutnya pada pasangan USD/JPY.

Jika BoJ mengumumkan keluar dari kebijakan suku bunga negatifnya (NIRP), kejatuhan USD/JPY kemungkinan besar akan terjadi, menyeret Greenback lebih rendah. Harga Emas kemudian dapat memperoleh keuntungan dari penurunan Dolar AS. Pada hasil kebijakan BoJ yang stabil, harga Emas dapat berada di bawah tekanan jual baru karena ‘efek menular’ USD/JPY terhadap Dolar AS.

Sementara itu, RBA kemungkinan akan mempertahankan suku bunga pada 4,35% untuk pertemuan ketiga berturut-turut pada hari Selasa, kemungkinan tidak akan berdampak besar pada pasar, serupa dengan pengumuman kebijakan BoJ.

Namun, reaksi apapun terhadap pengumuman kebijakan BoJ dan RBA dapat bersifat sementara, karena para pedagang Emas akan memposisikan diri mereka menjelang keputusan kebijakan Federal Reserve AS (The Fed) yang sangat penting pada hari Rabu dan apa yang disebut sebagai Grafik Dot Plot.

Analisis Teknis Harga Emas: Grafik Harian

XAU/USD

Prospek teknis jangka pendek untuk harga Emas kurang lebih tetap sama, dengan konfirmasi Bull Flag yang ditunggu pada penutupan candlestick harian di atas resistance garis tren turun di $2.164.

Penerimaan di atas level tersebut akan memicu kenaikan baru menuju level $2.190, di atas level tersebut rekor tertinggi di $2.195 akan diuji ulang. Target bullish berikutnya yang relevan terlihat pada level acuan $2.200 dan level psikologis $2.250.

Relative Strength Index (RSI) 14-hari berada tepat di bawah wilayah overbought, di dekat 68,00, menunjukkan bahwa kenaikan harga Emas baru mungkin akan segera terjadi.

Jika para penjual Emas melawan balik, support terdekat terlihat pada level terendah hari sebelumnya di $2.146, di bawahnya support garis tren turun di $2.130 akan membantu para pembeli.

Pergerakan berkelanjutan di bawah level tersebut akan menguji level terendah 6 Maret di $2.125. Lebih jauh ke bawah, level bulat utama di $2.110 akan menantang komitmen bullish.