• Harga Emas berkonsolidasi di dekat level tertinggi sepanjang masa di $2.152 pada hari Kamis.
  • Dolar pulih dengan imbal hasil Treasury, karena pasar lebih memperhatikan¬†Powell, data pekerjaan AS.
  • Kondisi RSI yang overbought pada grafik harian terus menjamin kehati-hatian bagi para pembeli Emas.

Harga Emas berada di level tertinggi sepanjang masa di dekat $2.150, menunggu katalis baru untuk dorongan arah berikutnya. Pembeli Emas mempertahankan kendali di tengah pelemahan berkelanjutan dalam Dolar AS dan imbal hasil obligasi Treasury AS, dalam menghadapi peningkatan spekulasi penurunan suku bunga Federal Reserve (The Fed) AS pada bulan Juni.

Rally Harga Emas Terhenti Sebelum Jerome Powell

Dolar AS tetap berada di bawah tekanan bersama dengan imbal hasil obligasi pemerintah AS pada hari Rabu, menyusul rilis data Perubahan Ketenagakerjaan ADP AS yang suram dan laporan Pembukaan Lapangan Kerja JOLTS.

Sektor swasta AS menambahkan 140.000 pekerjaan di bulan Februari, meningkat dari revisi naik 111.000 di bulan Januari namun sedikit di bawah ekspektasi penambahan 150.000, ADP melaporkan pada hari Rabu.

Jumlah lowongan pekerjaan pada hari kerja terakhir di bulan Januari mencapai 8,86 juta, Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS) melaporkan dalam Survei Pembukaan Pekerjaan dan Perputaran Tenaga Kerja (Job Openings and Labor Turnover Survey atau JOLTS) pada hari Rabu. Data ini mengikuti 8,88 juta (direvisi dari 9,02 juta) pembukaan lapangan kerja di bulan Desember dan sedikit di bawah prakiraan pasar sebesar 8,9 juta.

Rasa sakit pada Greenback semakin dalam setelah kesaksian Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell di depan Komite Jasa Keuangan DPR. Powell mengatakan bahwa penurunan suku bunga masih mungkin terjadi dalam beberapa bulan mendatang jika mereka lebih yakin bahwa ada bukti lebih lanjut tentang penurunan inflasi.

Bahasa yang lembut dari Ketua The Fed Powell menegaskan ekspektasi pasar terhadap poros kebijakan The Fed pada paruh kedua tahun ini. Pasar saat ini memprakirakan sekitar 70% kemungkinan bahwa The Fed dapat mulai menurunkan suku bunga pada bulan Juni, sedikit lebih tinggi dari probabilitas 63% yang terlihat sehari yang lalu, menurut CME FedWatch Tool.

Melonggarnya kondisi pasar tenaga kerja AS yang dikombinasikan dengan komentar Powell membantu harga Emas mencapai level tertinggi baru sepanjang masa, meskipun hanya sedikit lebih tinggi.

Namun, masih harus dilihat apakah harga Emas akan berlanjut ke level $2.200, karena para investor dapat melakukan aksi ambil untung setelah kenaikan baru-baru ini dan menjelang rilis data NFP yang sangat penting pada hari Jumat, yang dapat mengkonfirmasi waktu penurunan suku bunga The Fed pada awal Juni.

Selain itu, fokus juga akan tertuju pada hari kedua kesaksian Powell di hadapan Komite Perbankan Senat pada hari ini. Data Klaim Pengangguran mingguan AS juga akan memberikan isyarat baru mengenai pasar tenaga kerja negara tersebut, yang berdampak pada nilai Dolar AS dan harga Emas.

Analisis Teknis Harga Emas: Grafik Harian

XAU/USD

Seperti yang terlihat pada grafik harian, harga Emas bertahan di dekat $2.150, mengkonsolidasikan rally baru-baru ini ke rekor tertinggi.

Kondisi overbought pada Relative Strength Index (RSI) 14-hari terus berlanjut dan mengharuskan kehati-hatian bagi para pembeli Emas.

Jika terjadi koreksi, harga Emas dapat menemukan support terdekat di $2.124, level terendah hari sebelumnya.

Batas bawah berikutnya terlihat di dekat $2.111, pertemuan level terendah hari Selasa dan level Retracement Fibonacci  (Fibo) 23,6% dari rally baru-baru ini dari level terendah 14 Februari di $1.984 ke level tertinggi sepanjang masa di $2.152.

Penembusan berkelanjutan di bawah level tersebut dapat membantu para penjual Emas memamerkan kekuatan mereka menuju level acuan $2.100.

Namun, setiap retracement dalam harga Emas dapat dilihat sebagai peluang pembelian yang baik, karena Simple Moving Average (SMA) 21-hari dan Bull Cross SMA 50-hari masih berlaku.

Para pembeli Emas perlu mengambil rekor tertinggi baru di $2.152 secara berkelanjutan untuk melepaskan kenaikan lebih lanjut menuju level acuan $2.200. Sebelum itu, resistance $2.180 dapat menantang komitmen bearish.